Wisata Alam Sungai Baksoka Punung Peninggalan Prasejarah

Loading...
Foto: @putuayuandhira

Tidak terlalu berlebihan jika Pacitan disebut-sebut sebagai salah satu kota tujuan wisata yang ada di wilayah Jawa Timur dan juga salah satu yang terpopuler di Indonesia. Pacitan luar biasa kaya dengan budaya, kuliner, dan tentu juga sangat kaya dengan keindahan alamnya. Daerah ini terkenal sebagai kota 1001 Gua. Keindahan alam dan tempat wisata di Pacitan seakan tidak ada habisnya dan terus digali serta dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Salah satu keindahan yang ada di Pacitan dan wajib dikunjungi oleh wisatawan ialah sungai prasejarah yakni sungai Baksooka Punung. Sungai ini merupakan hulu dari sungai Maron di Desa Dersono dan berakhir di Pantai Ngiroboyo Desa Sendang. Sungai Baksooka merupakan peninggalan dari zaman prasejarah yang mana di sekitar sungai terdapat situs-situs peninggalan zaman prasejarah yang juga dikenal dengan situs Ngrijangan.

Ketika sedang musim batu akik sungai prasejarah ini ramai dikunjungi para pengrajin dan penggemar batu akik. Karena di sungai ini ada banyak sekali bebatuan tua dan merupakan salah satu lokasi untuk mencari bahan baku pembuatan batu akik. Selain itu salah satu yang terkenal di sungai Baksooka ialah sebuah Laguna atau kolam yang terbentuk alami. Laguna ini berwarna biru jernih dan menjadi tujuan para traveller dari berbagai daerah. Keindahan Laguna ini sangat alami dan bahkan tidak ada sampah di sekitarnya, jadi jika anda berkesempatan berkunjung jangan sampai membuang sampah sembarang ya.

Banyak orang mengira bahwa Pacitan hanya memiliki tempat wisata indah yakni pada bagian pantai dan gua saja. Akan tetapi masih banyak lagi keindahan lainnya bak serpihan surga tersembunyi dibalik keindahan dan asrinya bumi Pacitan. Bagian utara Pacitan para wisatawan bisa menikmati indahnya Jurug Gringsing dan pada bagian timur pengunjung bisa menyaksikan keindahan kota Pacitan dari atas Bukit Gunung Lanang atau dari puncak Gunung Limo yang terkenal banyak misteri. Sedangkan pada bagian barat selatan memang sudah menjadi kumpulan berbagai objek wisata unggulan Pacitan.

Sungai Baksooka Punung membentang dari pegunungan sewu yang terletak di Kecamatan Punung dan Kecamatan Pringkuku. Untuk sampai ke sungai ini anda butuh waktu 30 menit dari pusat kota Pacitan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dan tidak ada pungutan biaya masuk bagi pengunjung yang ingin berwisata ke sungai prasejarah yang satu ini. Namun yang terpenting ialah saat mengunjungi anda harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian sungai Baksoka agar terus bisa dinikmati oleh generasi kita berikutnya.

Sungai  Baksooka Punung ini bisa menjadi pilihan para pengunjung yang ingin mencoba wisata alam yang lebih menantang dengan menyusuri keindahan yang ditawarkan sungai prasejarah. Aliran arus dari sungai ini tergolong deras, terlebih ketika musim penghujan datang. Para pengunjung sangat diharapkan lebih waspada jika datang di musim penghujan. Nah, sangat disarankan bagi anda yang ingin berkunjung sebaiknya datang pada saat cuaca cerah. Meskipun ketika musim kemarau melanda sungai ini tidak pernah kering dan kejernihan air mineral yang mengalir tampak semakin indah.

Bagi wisatawan yang berkunjung dari luar kota Pacitan dan ingin berwisata ke sungai Baksooka Punung ini maka ada banyak sekali penginapan dengan harga murah yang bisa jadi pilihan anda. Penginapan yang ada tidak terlalu jauh dari berbagai destinasi wisata yang ada di Pacitan salah satunya seperti sungai Baksooka Punung. Harganya mulai dari Rp. 100.000,- dan fasilitas yang ditawarkan juga beragam tergantung dengan harganya.

Loading...

0 komentar

Post a Comment