Situs Ngrijangan Pacitan

Loading...


Akibat banyak dan sering kali ditemukannya peninggalan purbakala, aneka fosil yang terkait dengan peradaban kehidupan sosial budaya di masa lalu, maka para arkeolog dunia pun menjuluki Pacitan sebagai ibukotanya pra sejarah. Pacitan adalah suatu kota kabupaten di Jawa Timur. Telah banyak berbagai temuan benda prasejarah yang ditemukan di Pacitan, salah satunya adalah di situs Ngrijangan, yang dapat dikatakan sebagai bengkel beliung terbesar di dunia.

Apa itu Situs Ngrijangan
Situs Ngrijangan tersebut adalah bengkel beliung di sisi barat perbatasan Pegunungan Selatan Jawa Timur bagian barat dan timur.
Situs purbakala ini adalah merupakan situs bengkel beliung terbesar di dunia karena menyimpan banyak sekali batu beliung persegi dan juga batu rijang dalam jumlah yang besar.

Banyak alat yang telah ditemukan di situs purbakala Ngrijangan ini. Alat-alat tersebut antara lain adalah berupa kapak perimbas, juga ada kapak persegi, lalu ada kapak corong, kemudian juga ada kubur persegi, dan ada pahat neolitik, lalu serut, dan ujung anak panah dari batu, juga kapak genggam, serta kapak penetak dan juga alat-alat dari tulang. Dengan temuan peninggalan bersejarah tersebut maka kabupaten Pacitan memberikan kontribusi perkembangan dalam sejarah dunia. Temuan alat-alat purbakala di situs Ngrijangan tersebut berasal dari jaman Neolitik. Luas keseluruhan area situs Ngrijangan itu adalah sebesar 80,6 m2. Situs Ngrijangan terletak di wilayah Pegunungan Sewu yang merupakan berupa bukit yang disusun oleh batu gamping rijangan. Di sekitar bukit tersebut banyak dijumpai beliung dan mata panah, baik yang sudah jadi maupun setengah jadi.

Lokasi Situs Ngrijangan
Situs Ngrijangan Pacitan ini letaknya di Desa Sooka, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Untuk menuju Situs Ngrijangan haruslah berjalan menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh bukit di Pegunungan Sewu. Wilayah barat selatan dari kabupaten Pacitan memang sudah menjadi lokasi berkumpulnya obyek wisata andalan di Pacitan. Bukan hanya gua dan pantai saja, para wisatawan bisa mencoba pilihan wisata alam yang lebih menantang, antara lain, salah satunya adalah situs prasejarah situs Ngrijangan ini, yang letaknya juga berdekatan dengan sungai prasejarah juga, yakni sungai Baksoka yang juga berada di desa Sooka Kecamatan Punung.

Situs sungai Baksooka itu mewakili paleolitikumnya Indonesia. Selain mengunjungi sungai yang merupakan peninggalan jaman prasejarah maka wisatawan dapat melihat situs peninggalan jaman pra-sejarah yang lebih dikenal sebagai situs Ngrijangan yang lokasinya terletak di sekitar sungai Baksoka tersebut. Sungai ini membentang dari Pegunungan Sewu di daerah kecamatan Punung dan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, berawal dari desa Dersono Kecamatan Pringkuku dan berakhir di Pantai Ngiroboyo Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Lokasi kawasan situs Ngrijangan ini dapat ditempuh dalam jangka waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Pacitan. Situs purbakala dan keindahan sungai kuno yang ada di dekatnya tersebut dapat dinikmati dengan secara gratis. Wisatawan dapat memulai petualangannya dari dusun Keladen desa Sooka, atau bisa juga memulainya dari desa Dersono, atau desa Bomo ataupun titik lokasi lainnya yang berada tersebar di sepanjang sungai Baksoka. Perlu diketahui bahwa sungai Baksoka ini termasuk sungai berarus deras, terutama pada musim penghujan, sehingga para pengunjung diharapkan untuk lebih berhati-hati dan waspada jika datang pada musim penghujan. Disarankan jika ingin menyusuri keindahan sungai prasejarah disamping situs Ngrijangan ini untuk datang pada saat cuaca cerah, karena meski saat musim kemarau pun sungainya tidak pernah kering dan akan lebih terlihat kejernihan airnya yang mengalir dari bukit kapur di wilayah Pegunungan Sewu Pacitan. Pada saat masa masih trend dan booming batu akik beberapa waktu sebelumnya, maka kawasan sungai purba Baksoona dan sekitaran situs Ngrijangan ini menjadi sangat ramai dengan kedatangan para pengrajin dan para penggemar batu akik. Sebab di sekitaran kawasan ini dengan mudah dan banyak sekali bisa ditemukan batuan tua dan lantas menjadi  salah satu lokasi untuk mencari bahan untuk pembuatan batu akik.

Demikianlah pembahasan mengenai situs Ngrijangan yang ada di kota kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Loading...

0 komentar

Post a Comment