Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Kijingan Pacitan

Foto: @volvariadinarmktdwkmlsr

Pacitan suatu kota di provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan 1001 destinasi wisata goanya kini juga makin terkenal dengan keindahan dari wisata alam pantainya yang masih alami. Salah satunya adalah pantai kijingan, yang masih belum seramai seperti destinasi wisata pantai lainnya baik itu pantai Kuta atau pantai Sanur yang ada di Bali, maupun pantai Klayar dan pantai Banyunibo yang juga ada di Pacitan, yang telah terlebih dahulu terkenal. Simak pembahasannya lebih lanjut sebagai berikut ini

Keindahan Alam Pantai Kijingan
Pantai Kijingan adalah destinasi wisata alam pantai yang baru di Pacitan, yang akan menawarkan wisata alami dengan udara yang segar dan pemandangan alam yang sangat eksotis. Pantai Ngijingan ini letaknya ads di lokasi sisi kanan dari pantai Banyutibo, Pacitan. Guna menuju ke pantai ini maka wisatawan harus menempuh rute yang akan dimulai dari pantai Banyutibo terlebih dahulu. Perjalanan menuju ke arah pantai Ngijingan ini memang menantang dan memicu adrenalin, para wisatawan harus melewati jalan setapak yang letaknya berada di badan perbukitan yang cukup curam juga licin. Namun meskipun demikian, perjalanan yang menantang dengan rute yang terjal itu juga diimbangi dengan pemandangan laut lepas yang menawan, yang justru bisa dinikmati karena disaksikan dari ketinggian. Sesudah sekitar 30 menit perjalanan melalui jalan setapak tersebut maka wisatawan lalu akan dapat sampai di pantai yang meski tidak terlalu luas tetapi memiliki keindahan alami yang luar biasa. Pantai Ngijingan ini adalah suatu pantai yang memiliki garis pantai yang sempit serta tidak terlalu panjang, pantai tersebut akan sangat cocok bagi wisatawan yang datang untuk mencari dan menikmati ketenangan. Pada sepanjang garis pantainya yang berpasir putih tersebut, tumbuhlah ribuan pohon pandan yang cantik berjejer memenuhi pinggiran pasirnya yang bahkan hingga sampai ke bukit yang ada di belakangnya.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Kijingan
Terdapat dua rute yang bisa ditempuh, yakni sebagai berikut.
Rute dari kota Pacitan
Memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai di pantai Ngijingan dari Pacitan kota, dengan rute sebagai berikut : 
Dari Pacitan kota, diawali dari jalan Brigjend Katamso menuju ke Jalan Batu permata lalu ke Jalan Veteran. Kemudian ke Jalan Diponegoro lanjut ke Jalan Pada. Diponegoro kemudian ke  Jalan Nasional III hingga ke Jalan Punung lalu sampai ke goa Gong yang sudah cukup terkenal itu, lalu dilanjutkan ke arah Jalan Punung Kalak kemudian Jalan Kalak sampai Donorojo lalu ke Jalan Nampu  Kalak lalu ikuti petunjuk arahnya maka wisatawan sudah akan sampai ke pantai Ngijingan, di Donorojo.

Rute dari Yogyakarta
Sedangkan jika berangkat dari kota Yogyakarta maka akan memerlukan jarak tempuh sekitar 99 kilometer yang akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas jalanan yang ada. Berikut adalah rutenya:


Dari Jogjakarta, diawali dari jalan Mataram lalu ke Jalan Juminahan kemudian ke Jalan Bausasran Lalu ke jalan Gayam kemudian jalan Kenari hingga ke Kusumanegara lalu ke jalan Gedong kuning menuju ke jalan Wonosari yang menuju ke kabupaten Gunungkidul kemudian terus ikuti arah ke jalan Nasional III, lanjutkan ke jalan Kyai legi kemudian ke jalan KRT judoningratan kemudian akan sampai di jalan Nasional III lalu dilanjutkan ke jalan Giritontro - Baturetno kemudian ke jalan Paranggupito ke jalan Raya pantai Nampu lalu ke jalan Nampu Kalak hingga sampai ke pantai Ngijingan di Donorojo.

Fasilitas di Pantai Kijingan
Fasilitas yang ada masih minim, baru ada beberapa buah kamar mandi, sedangkan warung makan masih belum ada. Fasilitas di pantai ini masih pada tahap pembangunan serta masih akan terus dikembangkan oleh pengelola setempat untuk menunjang kebutuhan para wisatawan. Makanan dan minuman dapat dibeli di pantai Banyutibo sebelum menuju pantai Ngijingan. Harga tiket masuknya hanya sebesar 5.000 rupiah saja.

Demikianlah kondisi pantai Kijingan Semoga dapat membantu sobat Traveler yang mau mengagednakan belibur ke pantai Kiningan dalam waktu dekat ini.

Post a Comment for "Pantai Kijingan Pacitan"