Kali Cokel Pacitan

Loading...

Foto: @rizkakhadafi
Pacitan, salah satu kota di provinsi Jawa Timur ini rupanya tidak hanya memiliki tempat wisata pantai serta goanya yang banyak itu saja. Ada juga destinasi wisata untuk menyusuri kali atau sungainya juga yang tersedia bagi para wisatawan yang gemar dan menyukai wisata menjelajahi dan menikmati keindahan alam, yakni salah satu dari wisata sungai itu adalah, susur sungai atau susur kali Cokel berikut ini.

Lokasi Kali Cokel
Kali atau sungai Cokel ini berlokasi di desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai dengan airnya yang membiru ini di sisi kanan kirinya terdapat ratusan pohon kelapa yang akan membuat daya tarik tersendiri bagi sungai yang letaknya berada sangat dekat dengan pantai Watukarung ini. Lokasinya memiliki jarak tempuh  sekitar 25 kilometer dari pusat kota Pacitan, dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh yang cukup singkat yakni hanya kurang dari satu jam.

Fasilitas Wisata di Kali Cokel
Kali atau sungai Cokel ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang bisa dinikmati dengan dua cara, yakni sebagai berikut.
Berjalan di Sisi Sungai atau Kali Cokel
Cara yang pertama ialah dengan berjalan di sisinya dan menikmati keindahan kealamian dari sungai ini, dengan berjalan kaki, sambil menikmati sepoinya angin yang bertiup, dan jernihnya air sungai, serta suguhan pemandangan menawan berupa pohon-pohon kelapa, dan tumbuhan lainnya yang menghijau, juga panorama alam khas wisata alam Pacitan yang berbukit.

Berperahu di Sepanjang Sungai atau Kali Cokel hingga ke Teluk Pantai Kasap
Cara untuk menikmati keindahan sungai Cokel yang kedua itu ialah dengan menyewa fasilitas sampan atau perahu yang ada di kali Cokel ini. Wisata susur Kali Cokel tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan sampan atau perahu kecil. Wisata Susur Kali Cokel dengan menggunakan sampan ini sedang menjadi jenis wisata yang sedang populer pada saat ini. Sebelum memulai perjalanannya maka para wisatawan akan diingatkan supaya selalu harus mematuhi peraturan yang ada dan telah dibuat oleh pihak pengelola wisata, demi menjaga faktor keamanan dan keselamatan selama menjalani wisata susur kali ini. Aturan tersebut antara lain adalah semua penumpang harus bersedia untuk memakai pelampung. Hal ini merupakan suatu yang wajib, guna menjaga keselamatan penumpang perahu dan sebagai persiapan untuk bejaga-jaga jika saja terjadi kecelakaan, yakni seperti sampan terbalik misalnya, sedangkan wisatawan yang menumpang perahu saat melakukan wisata susur sungai tidak dapat berenang. Biaya sewa perahu ini adalah sekitar 17 ribu Rupiah hingga 20 ribu Rupiah per orang, dengan jumlah minimal penyewa perahu sebanyak dua orang. Sedangkan kapasitas perahunya adalah maksimal lima orang penumpang atau tujuh orang termasuk pengemudi dan krunya. Akses ke kali Cokel ini adalah selama 24 jam. Para wisatawan akan dibuat takjub dengan melakukan wisata menyusuri muara Kali Cokel yang jauh adalah sekitar kurang lebih hingga 2 kilometer tersebut. Para pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa alami yang masih orisinal dan perawan, belum banyak dilakukan modifikasi. Warna air sungai dari kali Cokel ini masih sangat biru dan jernih, serta juga ada hutan-hutan di sepanjang sungai yang masih terjaga dengan baik. Belum ada tangan jahil yang mengusik dan merusaknya. Perjalanan susur kali ini akan makin mengasyikkan, ketika para wisatawan mulai dibawa menuju ke lautan lepas, di teluk pantai Kasap. Kali Cokel ini menghubungkan pantai Watukarung dengan pantai Kasap.

Sesampai di lokasi di teluk Kasap ini para wisatawan akan terpicu adrenalinnya, karena sampan yang hanya boleh diisi dengan maksimal  5 orang penumpang ini harus berjuang melawan ombak untuk menuju tepian laut. Wisatawan akan merasakan pengalaman berdebar-debar sambil menikmati indahnya pemandangan.
Demikianlah pembahasan mengenai kali Cokel di Pacitan.

Loading...

0 komentar

Post a Comment