Wisata Edukasi di Kawasan Pantai Pancer Door

Loading...
Foto: @

tonjel_


Pantai Pancer Door merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal, namun juga tersohor hingga ke luar negeri. Kawasan pantai yang pernah terdampak banjir pada tahun 2017 lalu ini dikenal dengan ombaknya yang indah dan menantang. Saat ini Pancer Door yang menjadi salah satu spot surfing yang populer di Pulau Jawa ini terus berbenah dan siap menyambut wisatawan lokal maupun asing termasuk area taman Pancer Door yang ada di tepi pantai ini.

Wisata dan olahraga
Kawasan wisata pantai ini pernah  menjadi lokasi untuk kompetisi Asian Surfing Championship pada tahun 2016. Salah satu keunikan dan tantangan dari ombak pantai ini adalah arah ombaknya dari kanan ke kiri seperti Pantai Padang-padang di Bali. Ombak jenis ini merupakan keuntungan bagi para peselancar yang kidal, namun juga tantangan bagi mereka yang terbiasa dengan tangan dan kaki kanan. Kawasan pantai ini juga masih terletak tidak jauh dari pantai Teleng Ria, namun memiliki ombak yang yang lebih tinggi sehingga lebih cocok bagi mereka yang sudah profesional. Namun, karena dasar pantai ini merupakan pasir pantai yang minim karang sehingga bagi pemula ombak pantai ini masih termasuk kategori aman untuk belajar.

Di pantai ini pada musim ombak tinggi antara bulan Mei hingga Oktober kamu bisa banyak mendapatkan ombak barrel yang membuatmu bisa berlama-lama menunggangi papan seluncur. Berkendara di ombak barrel sendiri bukan hal yang mudah untuk pemula, namun ombak seperti gulungan yang bergerak cepat inilah yang justru dicari banyak peselancar dunia.

Selain berselancar area taman Pancer Door juga ditata dengan sangat indah. Memasuki area pantai, kamu akan disambut dengan deretan pohon cemara yang rimbun, serta jalan setapak yang rapi memberikan suasana yang menyejukan. Di sore hari, area taman ini sering dijadikan lokasi berolahraga ringan seperti jogging maupun berjalan-jalan santai oleh warga sekitar. Bahkan ada pula skatepark bagi kamu yang menyukai olahraga skateboard.

Fasilitas dan Edukasi
Tidak hanya menyajikan daya tarik wisata, kawasan pantai Pancer Door juga menyediakan area taman Pancer Door yang lengkap dengan berbagai fasilitas publik baik untuk hiburan, olahraga, maupun edukasi. Salah satu fasilitas edukasi yang dibangung di dekat kawasan pantai ini adalah Museum Geopark Gunung Sewu. Di tempat ini kamu bisa belajar berbagai hal terkait geologi yang ada di sekitar kawasan Pacitan seperti struktur tanah hingga macam-macam jenis batuan kapur yang bisa ditemukan di daerah ini. Museum Geopark Gunung Sewu ini bukan setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 20.00. Untuk memasuki area museum, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah saja.

Fasilitas lain yang bisa ditemukan di tempat ini adalah kawasan perkemahan yang sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan seperti pramuka, pecinta alam, maupun untuk masyarakat umum yang menyukai kemping di tepi pantai. Tersedia pula kamar mandi yang bersih dan terawat di sekitar pantai ini.

Karena merupakan kawasan wisata yang cukup populer, kamu bisa mudah mendapatkan tempat-tempat menginap dengan harga mulai 75 ribu rupiah untuk homestay di dekat pantai. Selain itu masih ada pula persewaan sepeda motor dan papan seluncur yang bisa kamu temukan di sekitar area pantai ini. Harga kuliner di sekitar pantai maupun di luar pantai Pancer Door juga sangat terjangkau. Pantai ini juga sangat mudah diakses, sebelum memasuki area ticketing pantai Teleng Ria kamu bisa mengambil jalan ke kiri. Tinggal ikuti jalan, dan kamu akan tiba di kawasan pantai Pancer Door. Tiket masuk kawasan pantai ini juga sangat terjangkau yakni 3500 rupiah di hari biasa, dan 5000 rupiah di akhir pekan.

Loading...

0 komentar

Post a Comment